Nicholas Rio

Nicholas Rio lahir di Bandung. Ia mempelajari alat musik electone sejak berusia 5 tahun bersama Vivi Nathalia, sebelum kemudian mempelajari piano pada Ibu Ine Lopulisa dan piano jazz pada Bambang Nugroho. Selain itu, ia juga tercatat sebagai seorang mahasiswa pada jurusan Teknik Informatika ITB angkatan 2010, dan telah menyelesaikan studinya pada Oktober 2014.

Ia juga telah mengikuti beberapa masterclass piano di bawah bimbingan Gordon Fergus Thompson, Ian Jones, Andrew Zolinsky dan Moritz Ernst. Rio juga aktif mengikuti seminar mengenai paduan suara yang diberikan oleh Mark Anthony Carpio, Jonathan Velasco, Brady Allred, Haruko Kuwabara, Stephen Leek, Albert Tay dan Jude Bautista Roldan, serta mempelajari teknik conducting di bawah bimbingan Daniel Victor.

Saat ini, Rio telah memiliki pengalaman beberapa tahun bermain piano untuk pelayanan di gereja. Selain untuk pelayanan, ia juga seringkali menjadi pianis pengiring lomba-lomba paduan suara, pernikahan, konser dan acara-acara lainnya. Ia juga sering terlibat menjadi penyanyi, dan juga sebagai pelatih paduan suara. Pengalamannya sebagai pianis maupun chorister telah membawanya mengikuti banyak kegiatan, baik di dalam maupun di luar negeri, di antaranya sebagai pianis pada gala concert summerclass Royal College of Music di London, pada tahun 2012; serta International Choral Festival di Provence dan Aveyron, Perancis pada tahun 2014.