Delta Damiana

Delta Damiana adalah seorang sopran muda bertalenta di Bandung. Pendidikan vokalnya telah dimulai sejak usia dini di bawah bimbingan beberapa guru ternama, di antaranya Yohana Nurindro, Elfa Secioria, Dody Soetanto, Roni Sugiarto, Dorcas Soenaryo, Indra Listiyanto, Arvin Zaenullah, dan terakhir di bawah asuhan Valentina Anggie Maharani. Delta juga aktif mengikuti beberapa masterclass teknik vokal dan choral conducting, di antaranya melalui kegiatan Symposium on Church Choral Music (2007), Symposium on Choral Music (2011), dan workshop dari Albert Tay (2015). Secara khusus, Delta mempelajari teknik conducting dari Daniel Victor.

Sebagai penyanyi, kemampuannya diolah lebih lanjut ketika ia bergabung baik sebagai chorister dalam beberapa paduan suara : Uccellini Children and Youth Choir, Gitapalma, PSM Unpar, Laeta Chorale, Svaditra Bandung Chamber Choir, dan Sonamusica Vocal Ensemble. Pengalamannya dengan berbagai paduan suara tersebut telah mengantarnya mengikuti berbagai acara baik di dalam maupun di luar negeri. Delta juga terpilih menjadi solis dalam beberapa konser, di antaranya dalam konser Cantabile “Der Abend”, konser Svaditra : “Iter Itineris” dan “A Musical Night”, serta pergelaran Poemuse yang pertama.

Sebagai conductor, saat ini Delta aktif melatih untuk pelayanan di gereja, serta diundang menjadi pelatih beberapa instansi dan sekolah : PS Gitapalma, Padus Youth GKI Gloria, SD Tiara Bunda, SD St. Yusuf; dan aktif pula sebagai guru vokal di EL music shool dan BIMA. Ia telah menorehkan berbagai prestasi yang membanggakan sebagai conductor, di antaranya : membawa Uccellini Children and Youth Choir meraih Silver Medal pada Asian Choir Games 2007 kategori children choir, Silver Medal FPS ITB 2010 kategori children dan youth choir, serta Gold Medal SACYCF 2014, di mana pada SACYCF 2014 Delta terpilih menjadi best conductor. Delta juga telah membawa Paduan Suara SD Tiara Bunda meraih juara 3 dan juara 2 pada lomba koor Toserba YOGYA (2014, 2016), meraih Silver Medal SACYCF 2016, membawa Paduan Suara Telkom divisi Bandung menjuarai lomba Paduan Suara Telkom tingkat nasional (2015), dan menjadi juara 2 lomba Paduan Suara Forsikatel tingkat nasional (2016). Ia pun telah sukses menyelenggarakan beberapa konser bersama paduan suara dan orkestra, yakni pada konser “Kasih Agung” (2016) bersama Padus anak-anak Kebonjati dan EDS Orchestra, serta ”Setapak Langkah” (2016) bersama Uccellini Choir dan Acacia Youth String Orchestra. Bersama Gita Palma, Delta telah mengadakan konser 30 tahun Gita Palma yang disertai dengan pembuatan sebuah album lagu rohani.