Daniel Victor

Daniel Victor, salah satu dirigen muda paduan suara yang baru saja menyelesaikan program studinya “Choir Conducting” dan minor “Vocal” di Korea National University of Arts, Korea Selatan.

Lahir di Malang, pertama kali mengenal paduan suara di SMAK Kolese Santo Yusup Malang dibawah asuhan Ibu Elisabeth “Aning” Adicahyani. Sejak itulah Daniel mulai mendalami seni berpaduan suara di Paduan Suara Mahasiswa UNIKA Parahyangan (PSM UNPAR) di bawah asuhan beberapa dirigen paduan suara ternama Indonesia antara lain Avip Priatna, Paulus H Yoedianto, Ivan Yohan, Dody Soetanto. Selama menempuh studi Hubungan Internasional di Bandung, Daniel juga berkesempatan memperdalam teknik vokal dalam arahan Ibu Dorcas Soenaryo.

Setelah menyelesaikan studinya di Universitas Parahyangan pada tahun 2010, pada tahun yang sama Daniel mendapatkan kesempatan menimba ilmu di Korea National University of Arts jurusan Choir Conducting dibawah bimbingan Prof. Kim Hong Su, Song Jeong Hoon, Kim Jin Su dan peserta aktif Master Class bersama dirigen dari German Prof. Winfred Toll.

Sebagai konsernya yang pertama di Indonesia, Daniel Victor menyajikan konser Natal “Christmas Blessing” Desember 2015 bersama Paduan Suara Universitas Katolik Parahyangan di Bandung – Jakarta. Ia juga sebagai mentor bagi dirigen muda paduan suara Universitas Katolik Parahyangan mempersiapkan Konser Internal 2015 dan 2016. Sebagai pelatih dirigen, Daniel Victor telah menyelenggarakan konser ujian akhir bagi murid-murid kelas dirigennya Desember 2015 di Katedral Bandung. Keberhasilan konser tersebut berkat bekerjasama dengan paduan suara St. Peter Katedral dan St Lucia Laurent yang mempersembahkan lagu-lagu dari berbagai periode mulai dari Barok, Klasik sampai dengan modern.

Daniel Victor juga memberikan beberapa Choral Clinic bersama Santa Angela Children Choir Bandung 2015 dan Paduan Suara Universitas Tarumanegara Jakarta 2016. Sebagai penyanyi, Ia telah menampilkan beberapa cuplikan lagu opera Mozart dalam Mozart Festival “Night at the Opera” November 2015. Ia juga diundang untuk menjadi juri dalam kompetisi paduan suara.
Belakangan ini di 5th Bali Internasional Choir Festival Juli 2016, Daniel Victor bersama Paduan Suara Telkom Group Bandung mendapatkan medali perak level 8 untuk kategori Mixed Choir dan medali silver level 10 untuk kategori Folklore.